Cari investasi yang menguntungkan? Pahami dulu jenis investasi

Djendela.my.id - Berinvestasi dipercaya banyak orang menjadi salah satu langkah cerdas yang dapat menyelamatkan kondisi keuangan di masa depan. Jadi pilihlah jenis investasi Anda hari ini, untuk meraih gemilang di kemudian hari. 

Ada yang mengatakan bahwa masa depan adalah milik orang-orang yang hidup secara konsisten hari ini. Bahkan ada pula yang meyakini bahwa masa depan itu tergantung pada apa yang Anda kerjakan dan apa yang Anda pilih saat ini. Memang tak ada yang salah dengan ungkapan itu, karena masa depan adalah “buah” dari apa yang kita kerjakan hari ini dan hari-hari berikutnya secara berkesinambungan. 

Bagi Anda yang saat ini tergugah untuk melakukan investasi sekaligus mengamankan posisi keuangan, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis investasi yang berlaku umum di masyarakat. Jika Anda sudah memahaminya, besar kemungkinan investasi yang akan Anda lakukan akan berjalan sesuai harapan. 

Jenis Jenis Investasi
Nah bagi Anda yang tergolong pemula dan masih bingung untuk menentukan jenis investasi apa yang dianggap cocok, berikut jenis-jenis investasi yang mungkin bisa dijadikan pilihan untuk menempatkan dana. Apa saja itu? 

1. Deposito
Deposito adalah produk simpanan dari bank atau boleh juga disebut sebagai tabungan berjangka. Sebagai gambaran, tahun ini, suku bunga deposito berkisar di angka 3%-5% per tahun. Sementara suku bunga tabungan hanya sekitar 0.0%-1%. Makanya bagi orang yang ingin berinvestasi, deposito bisa menjadi pilihan menguntungkan selain p2p lending paling menguntungkan, obligasi, saham, dan emas. 

Berbeda dengan tabungan biasa, karena deposito ini sifatnya investasi, maka ia memiliki aturan main khusus. Salah satu aturan yang penting diketahui adalah bahwa nasabah tidak bisa menarik uang di deposito sebelum waktunya. Atau dengan kata lain, deposito hanya bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya. 

2. Obligasi
Dibanding emas dan saham, investasi dalam bentuk obligasi memang termasuk yang kurang populer di kalangan masyarakat. Tapi jangan salah, belakangan ini Pemerintah lumayan intens memperkenalkan jenis investasi ini ke masyarakat dan tentunya ini membawa angin segar untuk prospek investasi obligasi. 

Obligasi sendiri merupakan salah satu produk pasar modal yang berupa surat pernyataan utang. Obligasi ini dikeluarkan/diterbitkan oleh pihak tertentu (perorangan, perusahaan, atau pemerintah) dengan janji akan mengembalikan utang tersebut ditambah bunga dalam jangka waktu tertentu. 

Sebagai contoh, baru-baru ini Pemerintah kembali menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI ) yang merupakan instrumen surat berharga negara (SBN) kepada individu atau perorangan dengan seri ORI018. ORI018 merupakan seri ORI ke-18 yang diterbitkan oleh Pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN. 

Untuk Anda yang memiliki tujuan finansial jangka menengah hingga jangka panjang, investasi obligasi ini dirasa cocok karena jatuh tempo biasanya antara satu hingga 10 tahun.

3. Saham
Saham menjadi salah satu instrumen investasi jangka pendek yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Dengan memiliki atau membeli saham, Anda seolah memiliki suatu perusahaan. Tergantung saham perusahaan apa yang Anda beli dan berapa jumlah saham kepemilikan itu. Saham juga merupakan investasi yang idealnya untuk jangka panjang. Namun saham bisa juga dimanfaatkan untuk jangka pendek. 

Terkait keuntungan main saham ini tentunya dipengaruhi oleh dari kinerja, kesuksesan, dan profit perusahaan yang sudah Anda beli sahamnya. Biasanya saham yang dijual pada saat perusahaannya sedang perform (berkinerja baik) dan sukses itu cenderung harganya naik, di situlah keuntungan akan banyak diperoleh. 

Dengan penjelasan tersebut di atas, mungkin sekarang Anda sudah mulai mendapat gambaran plus-minus dari jenis-jenis investasi. Anda tinggal pilih mana investasi yang dianggap cocok. Apakah investasi deposito, logam mulia, obligasi, pasar saham, logam mulia, atau investasi dalam bentuk lain.

Karena prinsipnya, bagi yang memiliki uang lebih, investasi itu harus disegerakan. Selain mengamankan dana, investasi juga akan memberi nilai tambah dari dana yang Anda miliki.

0 Response to " Cari investasi yang menguntungkan? Pahami dulu jenis investasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel