Panduan Tepat Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula


Ikan Discus merupakan ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Ikan satu ini memiliki kekhasan pada bentuk tubuhnya yang ramping serta gepeng semacam cakram. Ditambah dengan sebagian rupanya yang unik, membuat ikan yang ini banyak disukai oleh pencinta ikan hias.

Di Indonesia sendiri, terdapat sebagian berbagai ikan discus yang banyak digemari semacam Turquoise, Pigeon, Red Melon, Leopard Snake Skin, Golden, hingga Blue Diamond.

Dibalik bentuknya yang unik serta varian warna cantiknya, Ikan Discus merupakan salah satunya ikan Aquarium air tawar yang terbilang istimewa dikoleksi di rumah. Tidak cuma hanya peliharaan biasa, dengan ikan ini keelokan suatu ruangan ataupun rumah hendak terus menjadi bertambah. Biasanya, penempatan Aquarium buat ikan discus ditempatkan di ruang tamu.

baca juga : Radar Blitar

Yang jadi persoalan universal, apakah pemeliharaan ikan satu ini susah ataupun kebalikannya? Sebab banyak yang bilang, melindungi Ikan Discus tidak bisa dikerjakan asal- asalan. Buat melindungi Ikan Discus ini, Juniarto Tri Wibowo yang diucap ahli sekaligus pelakon bisnis Ikan Discus, menguak sebagian panduan ataupun panduan buat memelihara ikan discus hendak bertahan hidup. Yukk cekidot.

1. Seleksi yang sehat serta mempunyai dimensi ideal
Bagi Juniarto, terdapat tahapan- tahapan yang butuh jadi atensi berarti. Selaku langkah dini, memilih ikan yang sehat serta telah capai dimensi khusus. Minimun ikan dimensi 3 inch ke atas, karena ikan dengan dimensi ini terbilang kokoh serta tidak rawan terkena penyakit. Tidak hanya itu, kala di posisi pembelian, yakinkan memilah ikan discus yang lahap makan serta mempunyai warna yang terang, sebab itu ciri ikan sehat.

2. Proses Karantina
Nah, ikan discus yang baru Kamu membeli janganlah lekas dimasukkan ke dalam aquarium. Hendaknya, jalani proses karantina lebih dulu sepanjang 7 hari. Dengan diisolasi ikan hendak membiasakan diri dengan area baru sehingga tidak tekanan mental kala dimasukkan ke dalam aquarium baru.

Sejauh masa isolasi, Juniarto merekomendasikan buat membagikan ikan obat istimewa bernama Discus Acriflavin. Tenang, tidak sulit mengalami obat ini, banyak dipasarkan di pasar. Obat ini hendak mengendalikan kandungan air dengan baik supaya tidak terkontaminasi oleh kuman jahat.

3. Aquarium Yang Mendukung
Aquarium ikan discus wajib pula memiliki medium filter air yang sudah di airasi paling tidak 24 jam. Perihal ini buat membagikan suplay oksigen optimal. Hendaknya Kamu memiliki 2 airator, buat di tank spesial serta tank buat airasi air alternatif. Dan jangan hingga kurang ingat buat meningkatkan perlengkapan ukur ataupun pengaturan tempratur air Aquarium.

baca juga : Inspiratips

Pada suatu Aquarium yang mempunyai dimensi 100x40 centimeter, hendaknya cuma diisi oleh ikan 10- 15 ekor Ikan Discus. Lebih dari itu aquarium hendak berasa padat serta mengusik pertumbuhan ikan dan berpotensi kematian besar. Walaupun demikian, sebab mempunyai karakteristik khas bergerombol, yakinkan Kamu membelinya tidak cuma satu ya, supaya tidak kesepian di dalam Aquarium.

4. Pemberian Makan
Pemberian pakan ikan discus lumayan 3x satu hari. Jenis pakannya ialah cacing beku serta berger( santapan ikan yang biasanya dari udang, sayur serta miltivitamin). Wajib diingat, pemberian makan tidak boleh begitu kelewatan. Bila sisa, langsung dibuang. Sebab sisa santapan hendak jadi amoniak ataupun racun yang menyebabkan penyakit pada ikan.

Nah sobat, inilah panduan pas dalam memelihara ikan discus. Dengan mempraktikkan pola pemeliharaan yang pas, ikan diskus tidak hendak gampang mati. Tidak hanya dari itu, pemeliharaan yang pas hendak pengaruhi keelokan sirip ikan yang sehat terpelihara.

0 Response to "Panduan Tepat Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel