5 Cara meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem imun memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, Anda harus menjaga imunitas tubuh dengan baik agar tidak mudah terpapar virus.

Sistem imunitas yang baik akan melindungi Anda sejak pertama kali penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Makanya, sangat penting memiliki daya tahan tubuh yang baik dan kuat agar Anda tidak mudah jatuh sakit.

Berikut ini merupakan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Simak baik-baik, ya! 

Memperbanyak makan sayur dan buah

Mulai sekarang, Anda bisa mulai memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Fakta menyebutkan, orang yang banyak mengonsumsi dua jenis makanan itu cenderung tidak mudah jatuh sakit.

Karena, vitamin dan mineral yang ada di dalam sayuran dan buah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang akan melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Salah satu jenis buah yang bisa Anda konsumsi adalah buah jambu. 

Istirahat yang cukup

Hayo, siapa yang masih suka begadang? Ternyata, kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda, lho! Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam, dan anak remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9 – 10 jam. Jangan suka tidur larut malam lagi, ya! 

Jangan stress

Stress yang tak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka waktu yang panjang, peningkatan hormon kortisol ini akan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Nah, Anda perlu mengelola stress dengan baik sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar imunitas tidak turun dan jadi mudah terserang penyakit. 

Rutin melakukan olahraga

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda disarankan untuk rutin melakukan olahraga minimal selama 30 menit setiap harinya. Olahraga yang murah serta mudah dilakukan adalah berjalan kaki di sekitar rumah. Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik di dalam rumah bersama keluarga. 

Hindari rokok dan alkohol

Bagi Anda yang sering merokok dan minum alkohol dengan berlebihan, itu akan merusak sistem kekebalan tubuh. Seorang perokok dan juga pecandu alkohol, memiliki risiko terkena infeksi paru-paru seperti bronkitis dan pneumonia yang tinggi.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa Anda coba mulai sekarang. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Cara meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kamu Wajib Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel