6 Kuliner Khas Makassar yang Legendaris dan Favorit Wisatawan

kuliner khas makassar

DjendelaID - Makassar ialah salah satu kota metropolitan terbesar di daerah timur Indonesia. Ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini jadi destinasi wisata yang sangat banyak didatangi oleh wisatawan asing ataupun dalam negeri.

Tidak cuma menawarkan keelokan alam serta kotanya, Makassar pula memiliki berbagai berbagai kuliner tradisional khas serta legendaris. Contohnya semacam Coto Makassar serta Es Pallu Butung.

Ini ia sebagian kuliner khas Makassar yang hendak membuat lidah Kamu bergoyang sebab kelezatannya, ayo kita ikuti bersama!

Kuliner Makassar yang Jadi Kesukaan Wisatawan

Coto Makassar

Kuliner satu ini telah diketahui serta terkenal sampai segala Indonesia. Coto Makassar dibuat dari bahan jeroan sapi yang direbus lama. Setelah itu, rebusan jeroan ini dicampur dengan daging sapi yang telah diiris- iris, dilengkapi ramuan bumbu spesial kemudian disajikan dalam mangkuk.

Sajian legendaris ini biasa dinikmati dengan buras, yang ialah sejenis ketupat khas Sulawesi yang dibungkus dengan daun pisang.

Sop Konro

Ialah masakan tradisional khas suku Bugis serta Makassar. Sop Konro pula salah satu kuliner khas Makassar berkuah yang bisa dinikmati dengan buras. Kuahnya mirip dengan kuah rawon di Jawa sebab bersama terbuat dari buah kluwak.

Rasanya relatif kokoh serta pedas karena dimasak dengan bumbu kombinasi bumbu semacam ketumbar, kluwak, sedikit pala, kunyit, kencur, cengkih, asam, daun lemon dan daun salam.

Pallu Mara

Sajian ini dibuat dari daging ataupun kepala ikan kakap. Cita rasa yang dipunyai Pallu Mara sedikit asam sebab bumbu serta rempah yang digunakan buat memasak. Biasanya, kuliner khas satu ini dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat.

Pallu Basa

Pallu Basa nyaris mirip dengan Coto Makassar, dari mulai bahan serta proses memasaknya. Pembeda dari 2 sajian tersebut terdapat pada bumbunya.

Kuliner satu ini mempunyai formula bumbu tertentu serta diracik secara spesial. Sama dengan Pallu Mara, Palu Basa sangat sesuai dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat. Membayangkannya saja telah ngiler, ya!

Es Pallu Butung

Kuliner ini senantiasa timbul di bulan Ramadhan. Dibuat dari tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, garam serta vanili yang dicampurkan sampai mengental. Setelah itu, masukkan potongan pisang raja yang tadinya telah direbus ataupun dikukus.

Kemudian, sediakan dengan meningkatkan parutan es batu di atasnya, pula ditambah siraman sirup supaya lebih manis. Tidak hanya dihidangkan jadi es, Pallu Butung pula bisa dihidangkan hangat- hangat.

Es Pisang Ijo

Sama semacam kuliner tadinya, Es Pisang Ijo jadi kuliner yang kerap timbul di bulan Ramadhan serta jadi takjil kesukaan seluruh orang. Dinamakan pisang ijo, sebab pisang yang telah matang dilapisi dengan kulit yang bahannya dibuat dari tepung serta diberi perona santapan yang bercorak hijau.

Seperti itu sebagian kuliner khas Makassar legendaris serta jadi kesukaan turis yang lagi liburan ke situ. Mudah-mudahan berguna, ya!

0 Response to "6 Kuliner Khas Makassar yang Legendaris dan Favorit Wisatawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel