Tips Cerdas Agar Sukses Berbisnis di Masa Pandemi!

Pandemi Covid-19 sangat berdampak dengan signifikan pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Mempertahankan jelas sulit, namun juga tidak ingin bisnis yang dibangun susah payah harus mundur begitu saja.

Lantas, bagaimana cara mempertahankan bisnis reseller agar tetap mampu bertahan di masa pandemi covid-19? Berikut langkah-langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis di tengah masa sulit seperti ini. Simak baik-baik, ya! 

Mengubah strategi penjualan

Pandemi mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Dulu yang biasanya langsung datang ke toko, akibat pembatasan aktifitas membuat kebiasaan tersebut mulai berkurang.

Belanja online menjadi pilihan terbaik untuk masyarakat saat ini. Sebab, lebih mudah dan juga bisa menghindari kerumunan yang mungkin bisa menimbulkan risiko terpapar virus covid-19. Maka dari itu, Anda perlu mengubah strategi penjualan bisnis.

Selain tetap mempertahankan pemasaran secara offline, Anda juga harus mulai memasarkan produk yang Anda jual secara online, agar tidak mengalami kerugian yang banyak. 

Mengembangkan Branding

Branding adalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis Anda. Karena, brand bisa bertindak sebagai identitas suatu produk.

Lakukan perencanaan strategi branding bersama tim, kemudian tentukan branding dengan cara seperti apa supaya bisnis dan produk yang Anda tawarkan bisa menarik para pelanggan. Serta, banyak orang yang tahu bisnis Anda. 

Membuat promo-promo menarik

Cara lain yang bisa menggaet minat konsumen untuk membeli produk Anda adalah dengan membuat promo-promo menarik. Promo yang bisa dilakukan antara lain seperti cashback, diskon, atau buy 1 get 1 free.

Promo-promo seperti itu sudah pasti akan diminati calon konsumen. Eits, tunggu dulu! Jangan sampai Anda lupa memperhitungkan untung dan rugi dari promo yang Anda buat, ya! 

Fokus memanjakan pelanggan

Jika Anda sudah memiliki pelanggan, hal yang harus dilakukan adalah memberikan pelayanan terbaik pada mereka. Biasanya, pelanggan akan senang jika Anda selaku pemilik usaha yang langsung melayani mereka.

Selain itu, Anda bisa memberikan produk yang berkualitas agar mereka puas dan tidak lari ke kompetitor lain. Anda juga bisa memberikan program atau promo khusus bagi para pelanggan setia. Hal ini dilakukan dengan tujuan menarik mereka untuk membeli produk dan mempertahankan pelanggan agar terus melakukan repeat order produk yang Anda jual.

Motivasi Pandemi

Jangan jadikan masa pandemi sebagai alasan Anda untuk menyerah dengan keadaan. Justru, buatlah masa pandemi sebagai cambuk untuk merencanakan inovasi terbaru.

Dengan begitu, Anda bisa bertahan dan tetap sukses di masa pandemi serta menjadi contoh bagi semua orang yang juga terdampak pandemi covid-19.

Nah, demikianlah beberapa tips agar tetap sukses berbisnis di masa pandemi yang mungkin bisa Anda terapkan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, ya! Sukses selalu!

0 Response to "Tips Cerdas Agar Sukses Berbisnis di Masa Pandemi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel