Menilik Peran Koperasi Mendukung UMKM

Peran Koperasi Mendukung UMKM

UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan jenis usaha produktif yang sifatnya kecil dan dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, badan usaha kecil, dan lainnya. Usaha ini tentunya membutuhkan modal yang kecil baik untuk memulai hingga mengembangkan usahanya. Dengan modal usaha kecil tersebut akan bisa membuat koperasi dapat berkembang lebih maju.

Modal usaha tersebut bisa didapatkan dengan berbagai cara dan tempat. Tetapi pastikan untuk memilih tempat yang aman yaitu di perbankan atau koperasi mendukung UMKM untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan.

Koperasi mendukung UMKM tersebut mempunyai modal usaha yang bisa didapatkan dengan mengajukan pinjaman yang dibutuhkan. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa koperasi yang berada di sekitar tempat tinggal Anda mempunyai jenis yang beragam.

Tidak semua jenis koperasi memberikan layanan untuk mendapatkan dana pinjaman untuk usaha. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih jenis koperasi simpan pinjam dengan layanan untuk menabung dan juga mengambil pinjaman di tempat ini.

Mengambil pinjaman untuk UMKM di koperasi juga memberikan banyak keunggulan yang bisa diberikan, yaitu:

  • Mengambil dana pinjaman di koperasi mempunyai proses pengajuan yang lebih mudah dibandingkan dengan bank. Hal tersebut membuat banyak orang yang bisa mengambil pinjaman di tempat ini, termasuk juga pengusaha kecil dan menengah.
  • Pinjaman di koperasi memberikan bunga yang adil dan juga bunga flat yang bisa memberikan kemudahan penghitungan bunga dan cicilan yang dibayarkan.
  • Mengambil pinjaman dana di koperasi akan lebih aman dan menjaga pengusaha kecil untuk mengambil pinjaman di rentenir.
  • Apabila menjadi anggota koperasi juga akan mendapatkan sisa hasil usaha dan membuat bunga pinjaman dikurangi.
  • Mempunyai pajak pinjaman yang lebih murah dibandingkan mengambil pinjaman di bank.

Dengan berbagai keunggulan di atas juga sudah terlihat apa saja peran koperasi mendukung UMKM. Koperasi bisa untuk mengurangi praktik rentenir yang memberikan pinjaman cepat tetapi dengan bunga tinggi. 

Koperasi juga memberikan manfaat dengan proses cepat dan syarat mudah tetapi dengan bunga yang fair seperti di bank. Oleh karena itulah pengambilan pinjaman di koperasi menjadi tempat yang aman dan menguntungkan untuk mendapatkan pinjaman dana bagi pengusaha kecil dan menengah.

0 Response to "Menilik Peran Koperasi Mendukung UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel