Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Agar Semakin Menyenangkan

tips mendampingi anak belajar

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bisa memahami apa yang sudah mereka pelajari di sekolah. Tidak jarang, untuk membantu buah hatinya, orangtua menemani anak mengulang metari sekolahnya di rumah. 

Namun seringkali banyak drama yang terjadi ketika anak akan mulai belajar. Ada yang tidak mau belajar, hingga menangis karena merasa bahwa belajar adalah beban yang tak ingin mereka lakukan. Nah, berikut ini tips untuk orangtua yang ingin mendampingi anaknya belajar di rumah. 

Tips Mendampingi Anak Belajar 

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman 

Ketika belajar, anak membutuhkan ketenangan agar lebih mudah fokus dengan materi yang mereka baca. Orang tua bisa memberikan ruang belajar yang jauh dari kebisingan maupun aktivitas yang bisa mengganggu konsentrasinya. 

Orangtua bisa memberikan meja dan kursi belajar yang nyaman sehingga anak lebih tenang saat belajar. 

Sesuaikan Gaya Belajar Anak 

Gaya belajar memiliki peran sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, prestasi, dan hasil belajar yang memuaskan. Cara belajar yang sesuai akan meningkatkan pemahaman anak terhadap informasi maupun materi yang telah mereka terima. 

Tidak hanya itu, metode belajar yang tepat akan memberikan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak. 

Buatkan Jadwal Anak 

Selain jadwal rutin di sekolah, anak juga harus memiliki jadwal khusus untuk kegiatan belajarnya di rumah. Perencaan seperti ini sangat penting bagi si Kecil karena rencana yang jelas akan membuatnya lebih pintar mengelola diri. 

Oleh sebab itu, orangtua perlu membantu anak melakukan perencanaan lebih dulu untuk ujiannya atau menyelesaikan tugasnya sesuai prioritas. Yuk, mulai sekarang bantu mereka memulai belajar dengan displin dan teratur. 

Maksimalkan Waktu Bersama Anak 

Orangtua perlu membuat proses belajar anak di rumah menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bukan beban. Waktu belajar bisa orangtua maksimalkan dengan menambah kegiatan seperti mengajak anak bernyanyi, menggambar, menari, atau melakukan permainan tanya jawab yang seru. 

Dengan hati yang gembira, anak akan lebih mudah mengingat apa yang mereka pelajari. Jangan ciptakan suasana tegang atau menakutkan sehingga anak merasa tidak tenang ketika belajar. 

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar 

Apa itu Pijar Belajar 

Pernah mendengar Pijar Belajar? Ya, layanan OTT edukasi digital milik PT. Telkomsel Indonesia ini memberikan banyak pelayanan yang bisa pelajar Indonesia akses dengan mudah. Tujuan dari hadirnya Pijar Belajar adalah meratakan pendidikan yang berkualitas di tanah air. 

Keunggulan Pijar Belajar 

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA 

Memiliki visi misi mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia membuat Pijar Belajar menyediakan berbagai fitur belajar yang lengkap. Mulai dari pelajar tingkat dasar hingga menengah atas bisa menggunakan aplikasi pintar ini untuk mengasah kemampuan belajarnya. 

  • Harga terjangkau banget

Siapa bilang ingin menjadi pintar harus mahal? Komitmennya untuk meratakan pendidikan di Indonesia mendorong Pijar Belajar memberikan berbagai paket layanan dengan harga terjangkau. Dengan begini, semua lapisan masyarakat bisa merasakan manfaatnya. 

  • Start 10rb

Banyak paket yang bisa pelajar pilih. Mulai dari harga sepuluh ribu rupiah saja, pelajar sudah bisa mengakses buku sekolah elektronik, soal latihan, hingga video pembahasan yang mudah untuk dipahami. 

  • Bisa diakses laptop dan smartphone 

Kini, pelajar Indonesia bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Informasi dan materi dari Pijar Belajar bisa terakses dengan menggunakan beberapa perangkat seperti laptop dan smartphone. 

Jadi, tidak perlu khawatir jika pelajar belum memiliki komputer atau laptop. Hanya menggunakan ponsel saja, pelajar Indonesia sudah bisa menambah wawasannya. 

Itulah beberapa tips yang bisa orangtua terapkan ketika mendampingi anak belajar di rumah. Jangan lewatkan promo menarik yang telah Pijar Belajar siapkan untuk para penggunanya. Ayo, segera unduh Pijar Belajar sekarang juga!

0 Response to "Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Agar Semakin Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel