Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Jasa Layanan Cloud Terbaik

tips memilih jasa layanan cloud terbaik

Di zaman serba modern sekarang ini, teknologi cloud atau komputasi awan telah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang, terutama dalam bidang bisnis. Pasalnya, cloud memiliki potensi yang begitu besar untuk memeratakan akses teknologi informasi di kalangan perusahaan kecil hingga perusahaan enterprise.

Kemudahan ini semakin bertambah dengan adanya jasa layanan enterprise cloud server terbaik Indonesia yang banyak bermunculan. Para pengguna tidak perlu lagi memikirkan storage atau melakukan maintenance set up karena semuanya dikerjakan oleh jasa layanan cloud tersebut.

Pengguna cukup menyiapkan PC dan langganan internet saja, sisanya akan diurus oleh penyedia jasa yang Anda pilih untuk membantu menunjang penyimpanan informasi bisnis. Dengan memanfaatkan jasa layanan cloud, Anda jadi tidak perlu membeli server, mengelola sendiri hingga melakukan maintenance. Adapun kriteria pemilihan jasa layanan cloud terbaik bagi sebuah bisnis ialah sebagai berikut:

Performa

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan performa jasa layanan cloud tersebut. Performa yang buruk hanya akan menghambat proses bisnis. Maka dari itu, Anda perlu mencari jasa layanan cloud yang memberikan performa terbaiknya.

Contoh, server yang selalu down tentunya akan menjadi kendala ketika Anda ingin mengakses sistem. Selain performa, seberapa responsif sistem juga perlu Anda perhatikan agar semua proses bisa berjalan mulus.

Keamanan

Tidak hanya performa, keamanan data pun menjadi pertimbangan penting ketika Anda mempercayakan data perusahaan kepada penyedia layanan cloud.

Tingkat keamanan penyimpanan data haruslah menjadi prioritas utama para pengguna. Dengan penyimpanan data yang aman, maka akan tercipta proses bisnis yang juga lancar.

Transparansi

Hubungan antara penyedia jasa cloud dan pengguna harus terjalin dengan baik. Salah satunya dengan adanya transparansi biaya dan pemakaian, baik itu storage maupun performa sistem. Selain itu, pastikan juga pihak penyedia juga transparan mengenaik tambahan biaa untuk sewa CPU, memori dan penyimpanan, cadangan data, jaringan serta dukungan teknis.

Ini merupakan hal yang patut menjadi pertimbangan Anda, sebab buruknya komunikasi antar penyedia dan pengguna hanya akan berakibat pada pemakaian sistem yang tidak optimal.

Service Level Agreement

Service Level Agreement atau SLA ini merupakan salah tolok ukur apakah penyedia jasa layanan cloud memiliki komitmen terhadap sistem mereka. SLA yang dirancang lengkap dengan penalti menunjukkan bahwa pihak penyedia sangatlah berkomitmen.

Itu berarti mereka benar-benar memastikan bahwa layanan yang ditawarkan mempunyai performa yang baik. Selain itu, pastikan juga rencana trouble shoot dalam kondisi baik apabila terjadi masalah dalam sistem.

Monitoring

Sebagai sebuah sistem yang akan aktif digunakan, cloud perlu ada maintenance rutin untuk memastikan sistem tetap berjalan optimal. Buat kesepakatan dengan penyedia jasa untuk memberikan laporan, baik per minggu, per bulan atau per periode.

Laporan tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban penyedia jasa layanan kepada pengguna, serta untuk berkomunikasi apabila terjadi penambahan biaya di suatu sistem di luar kesepakatan awal.

Harga

Satu hal yang tidak boleh terlewat, yakni pengeluaran untuk membeli jasa layanan cloud. Ini penting sebab perusahaan harus mendapatkan harga yang paling terjangkau bagi bisnis tersebut. Tentunya, harga harus sesuai dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan dari jasa layanan cloud pilihan.

Demikianlah beberapa tips memilih jasa layanan cloud terbaik. Salah satunya adalah CBNCloud, jasa enterprise private cloud provider paling aman ini memiliki banyak kelebihan terutama di bidang private cloud. Di antaranya, end-to-end solution, dedicated infrastructure dan customized design.

Anda bisa berlangganan private cloud di CBNCloud dengan mudah dan aman, caranya kirim inquiry via email ke [email protected]. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman resminya di cbncloud.co.id. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Jasa Layanan Cloud Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel